20/10/09

Sejarah organisasi

Sejarah organisasi

Mahasiswa adalah sumber daya penggerak pembangunan dalam skala nasional. Mahasiswa adalah jajaran terdepan yang siap bergerak untuk mebuat sebuah perubahan. Untuk membentuk sebuah perubahan itu tentu memerlukan sarana yang serba teratur, apalagi perubahan memerlukan energi dan tenaga yang cukup dalam langkah dan geraknya.
Adanya berbagai organisasi di kalangan mahasiswa, baik itu intern kampus maupun ekstern kampus yang diharapkan mampu menjadi mediator dalam pembinaan potensi mahasiswa, terutama jiwa kepemimpinan dan manejerial yang baik. Karena bagaimanapun mahasiswa bukanlah sekedar agent of change tapi ia adalah sosok yang sudah dituntut untuk menjadi director of change yang mampu membawa perubahan pada berbagai lini kehidupan.
Melihat, menimbang dan meninjau akan hal ini maka pada 12 November 2006 didirikan Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat yang kemudian disingkat menjadi HIMAFI FMIPA UNLAM. Keberadan HIMAFI FMIPA UNLAM sebagai salah satu organisasi profesi dirasa penting sebagai wadah berapresiasi dan berkreatifitas mahasiswa Fisika di tengah masyarakat pada umumnya dan di lingkungan FMIPA UNLAM pada khususnya. Sejak dini mahasiswa fisika dilatih untuk membekali diri, tidak hanya dengan kemampuan pengetahuan akademis saja. Mahasiswa juga dibekali kemampuan manajemen melalui kegiatan berorganisasi. Karena dalam organisasi kemahasiswaan akan diajarkan managerial, kepemimpinan, sosial akademik, sehingga mahasiswa dapat menemukan jati dirinya sebagai agent of change sekaligus sebagai director of change.
Kepengurusan HIMAFI FMIPA Unlam periode 2009 merupakan kepengurusan yang ketiga kalinya setelah kepengurusan periode 2006-2007 yang waktu itu dipimpin oleh Sukma Firdaus dan Ahmed Lazuardi Assadat dan periode 2007-2008 yang dipimpin oleh Fitriana Meila Sari dan Anton Kuswoyo. Sebagai salah satu organsasi himpunan mahasiswa jurusan yang berkompetensi dalam bidang profesi dan manajemen, HIMAFI selalu berusaha membuat program kerja yang sesuai dengan tujuan berdirinya HIMAFI itu sendiri dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, yag merupakan langkah untuk menjalankan roda kepemimpinan sebuah organisasi mahasiswa di lingkungan FMIPA UNLAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar